Kamis, 17 Mei 2012

Pengembangan Kurikulum


KURIKULUM
SMP NEGERI 18 PEKALONGAN
TAHUN AJARAN 2012/2013


















SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP )  Negeri 18 Pekalongan
Jalan Kusuma Bangsa no. 39 Panjang – Pekalongan
Telepon (0285) 178178


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Departemen Pendidikan Nasional telah menetapkan kerangka dasar Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK), dan Kompetensi Dasar (KD).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Pengembangannya harus berdasarkan satuan pendidikan, potensi daerah, atau karakteristik daerah, social budaya masyarakat setempat dan peserta didik.
Selain itu, juga berisi tentang pengelolaan pembelajaran yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan daerah. Sesuai dengan visi dan misi sekolah yakni terwujudnya peserta didik yang unggul dalam prestasi, kreatif, mandiri dalam belajar,  berakhlakul karimah serta mampu mengembangkan potensi daerahnya, maka perlu disusun kurikulum yang relevan dengan karakteristik daerah. Seperti yang kita ketahui potensi daerah Pekalongan adalah bidang perdagangan dan perindustrian khususnya industri batik, yang dimana pekalongan mempunyai sebutan “Pekalongan kota batik”. Selain itu daerah pekalongan yang masih kental dengan adat jawa dan juga religiusnya, sesuai dengan semboyan kota pekalongan yaitu “ Pekalongan kota santri”, maka dengan demikian kurikulum tingkat satuan pendidikan ini juga bermuatan masalah-masalah yang ada kaitannya dengan perindustrian khususnya batik dan juga bahasa jawa sebagai Kurikulum Muatan Lokal (Mulok).


B.    Landasan
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Negeri 18 Pekalongan, mengacu pada :
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 38 ayat 2 “kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah dibawah koordinasi dan supervise dinas pendidikan atau kantor departemen agama kabupaten/kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah”.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat 2 “Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.
C.    Tujuan Penyusunan KTSP
KTSP disusun dengan tujuan :
1.     Untuk dijadikan pedoman bagi guru dalam pengelolaan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kebutuhan daerah.
2.     Sebagai pedoman dalam menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
3.     Agar peserta didik beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
4.     Agar peserta didik dapat berinteraksi social baik dengan teman guru, dan masyarakat setempat maupun lingkungan sekitar.

D.    Prinsip Pengembangan KTSP
Pengembangan KTSP SMP Negeri 18 Pekalongan berpedoman pada prinsip-prinsip berikut :
1.     Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.     Beragam dan terpadu
3.     Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4.     Relevan dengan kebutuhan pendidikan.
5.     Menyeluruh dan berkesinambungan.
6.     Belajar sepanjang hayat.
7.     Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.





















BAB II
VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
A.    Visi
“ Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam prestasi, kreatif, mandiri dalam belajar serta berakhlakul karimah”
B.    Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, SMP Negeri 18 Pekalongan menetapkan misi sebagai berikut :
1.     Menciptakan peserta didik yang unggul dalam prestasi.
2.     Menggali dan mengembangkan bakat, minat dan potensi peserta didik secara maksimal.
3.     Menciptakan suasana sekolah yang S3 (senyum, sapa, salam).
4.     Mengembangkan disiplin siswa.
5.     Memanfaatkan potensi sekolah agar dapat memberikan hasil terbaik bagi siswa.

C.    Tujuan Sekolah
Mengacu pada visi dan misi sekolah serta tujuan pendidikan menengah yang tercantum dalam peraturan pemerintah no. 19 tahun 2005 yaitu meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, maka tujuan yang ingin dicapai oleh SMPN 18 Pekalongan adalah sebagai berikut :
1.     Melaksanakan pengembangan diri siswa secara maksimal sesuai dengan bakat, minat dan potensi peserta didik.
2.     Semua guru harus menerapkan metode pembelajaran yang aktif dan kondusif.
3.     Menyediakan fasilitas pembelajaran yang berbasis tekhnologi modern.


4.     Semua masyarakat di sekolah menciptakan suasan S3 yaitu (senyum, sapa, salam).
5.     Dinding kelas sekolah diciptakan dengan motif  batik yang indah dan mengandung unsur pembelajaran.
6.     Menyediakan ruangan untuk keterampilan membatik yang dilengkapi dengan fasilitasnya.


BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

Struktur dan muatan kurikulum KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam SI meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
1)     Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2)     Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan
3)     Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan tekhnologi
4)     Kelompok mata pelajaran estetika
5)     Kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan.
Kelompok mata pelajaran tersebut memiliki cakupan dan kegiatan masing-masing seperti diungkapkan di dalam PP 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 6 ayat (1) Pasal 7 sebagai berikut :
Kelompok
Mata pelajaran
Cakupan
Melalui
Agama dan
Akhlak Mulia
Membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia
Kegiatan agama, kewargaan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi,estetika, jasmani, olahraga dan kesehatan
Kewargaan dan kepribadian
Membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
Kegiatan agama, akhlak mulia, kewargaan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani
Ilmu pengetahuan dan teknologi
Mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik
Kegiatan bahasa, matematika, illmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan social, keterampilan /kejuruan, dan atau teknologi informasi dan komunikasi serta muatan lokal yang relevan
Estetika
Membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya
Kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sporivitas
Kegiatan pendidikan jasmani olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.

Struktur KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran termasuk pengembangan diri sebagai berikut :
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A.    Mata Pelajaran



1.   Pendidikan Agama Islam
2
2
2
2.   Pendidikan Kewargaan
2
2
2
3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4.   Bahasa Inggris
4
4
4
5.   Matematika
4
4
4
6.   Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
7.   Ilmu Pengetahuan sosial
4
4
4
8.   Seni Budaya
2
2
2
9.   Pendidikan Jasmani, Olah raga dan kesehatan
2
2
2
10.                     Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2




B.    Muatan Lokal



1.   Batik
1
1
1
2.   Bahasa Jawa
1
1
1
C.    Pengembangan Diri



1.   Pramuka
1
1
-
2.   PMR
1
1
-
3.   Keterampilan membatik
-
1
1
4.   Atletik
1
1
1
5.   Rohis
-
1
1
Jumlah




B.    MUATAN KURIKULUM
Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Negeri 18 Pekalongan meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik dan materi muatan lokal.
1.     Mata Pelajaran Wajib
Mata pelajaran wajib yang diselenggarakan di SMP Negeri 18 Pekalongan terdiri atas :
a.     Pendidikan Agama Islam
Tujuan :
·       Meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik sesuai dengan keyakinan ajaran agama islam.
·       Memberikan wawasan kepada peserta didik tentang ajaran agama islam
·       Memberikan perubahan tingkah laku, aktivitas dan pencapaiannya serta pertumbuhan yang diingini pada peserta didik dan persiapan mereka pada kehidupan dunia dan akhirat.



Ruang lingkup :
·       Al-Qur’an dan Hadits
·       Aqidah
·       Akhlak
·       Fiqih
·       Tarikh dan Kebudayaan Islam

b.     Pendidikan Kewargaan
Tujuan :
·       Memberikan pemahaman terhadap peserta didik tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dan pentingnya penanaman rasa persatuan dan kesatuan.
Ruang lingkup :
1.     Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi : hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, sumpah pemuda, keutuhan negara kesatuan republic Indonesia, partisipasi dalam pembelaan negara, sikap positif terhadap negara kesatuan republic Indonesia, keterbukaan dan jaminan keadilan.
2.     Norma, Hukum dan Peraturan, meliputi : tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sistem hukum dan peradilan nasional, hukum dan peradilan internasional.
3.     Hak Asasi Manusia, meliputi : hak dan kewajiban anak, hak dan kewajiban anggota masyarakat, instrument nasional dan internasional HAM, pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
4.     Kebutuhan warga negara, meliputi : hidup gotong royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan warganegara.
5.     Konstitusi Negara, meliputi : proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, hubungan dasar negara dengan konstitusi.
6.     Kekuasaan dan Politik, meliputi : pemerintahan desa dan kecamatan, pemerintahan daerah  dan otonomi, pemerintah pusat, demokrasi dan sistem politik, budaya politik, budaya demokrasi menuju masyarakat madani, sistem pemerintahan, pers dalam masyarakat demokrasi.
7.     Pancasila, meliputi : kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan ideology negara, proses perumusan pancasila sebagai dasar negara, pengalaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideology terbuka.
8.     Globalisasi, meliputi : globalisasi di lingkungannya, politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, dampak globalisasi, hubungan internasional dan organisasi Internasional, serta mengevaluasi globalisasi.

c.      Bahasa Indonesia
Tujuan:
Membina   keterampilan   berbahasa   secara   lisan   dan   tertulis   serta   dapat menggunakan   bahasa   sebagai   alat   komunikasi   dan   sarana   pemahaman terhadap IPTEK.
Ruang lingkup :
1.     Mendengarkan
2.     Berbicara
3.     Membaca
4.     Menulis
d.     Bahasa Inggris
Tujuan :
Membina keterampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi perkembangan IPTEK dalam menyongsong era globalisasi.
Ruang lingkup :
1.     Kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan atau menghasilkan teks lisan dan atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional
2.     Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendeek dan monolog serta esei berbentuk procedure, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah – langkah retorika;
3.     Kompetensi pendukung, yakni kompetensi  linguistik  (menggunakan  tata bahasa  dan  kosa  kata,  tata  bunyi,  tata  tulis),  kompetensi  sosiokultural (menggunakan   ungkapan   dan   tindak   bahasa   secara   berterima   dalam berbagai  konteks  komunikasi),  kompetensi  strategi  (mengatasi  masalah yang   timbul   dalam   proses   komunikasi   dengan   berbagai   cara   agar komunikasi   tetap   berlangsung),   dan   kompetensi   pembentuk   wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

e.     Matematika
Tujuan :
Memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar Matematika dalam rangka penguasaan IPTEK.
Ruang lingkup :
1.     Bilangan
2.     Aljabar
3.     Geometri dan pengukuran
4.     Statistika dan peluang

f.      Ilmu Pengetahuan Alam
Tujuan:
Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik untuk menguasai dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan IPTEK.
Ruang lingkup :
1.     Makhluk hidup dan proses kehidupan
2.     Materi dan sifatnya
3.     Energy dan perubahannya
4.     Bumi dan alam semesta

g.     Ilmu Pengetahuan Sosial
Tujuan :
Memberikan pengetahuan sosio cultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki keterampilan hidup secara mandiri.
Ruang lingkup :
1.     Manusia, tempat, dan lingkungan
2.     Waktu, keberlanjutan, dan perubahan
3.     Sistem social dan budaya
4.     Perilaku ekonomi dan kesejahteraan

h.     Seni Budaya
Tujuan :
Mengembagkan apresiasi seni, daya kreasi, dan kecintaan pada seni budaya nasional.

Ruang lingkup:
1.   Keterampilan Membatik,
2.   Vokal Group,


 i. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan:
Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan keterampilan dalam bidang olahraga, menanamkan rasa sportifitas, tanggung jawab disiplin dan percaya diri pada peserta didik.
Ruang lingkup:
1.   Permainan dan Olahraga, meliputi: sepak bola, bola basket, bola voli, atletik, bulutangkis, serta aktivitas lainnya.
2.   Aktivitas Pengembangan, meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya.
3.   Aktivitas Senam, meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
4.   Aktivitas Ritmik, meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya.
 j. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan:
Memberikan keterampilan dalam bidang teknologi informatika dan komunikasi  yang sesuai dengan bakat dan minat peserta didik.
Ruang lingkup:
1.   Perangkat keras dan lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi;
2.   Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

2.  Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah.
Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga satuan pendidikan harus mengembangkan standar kompetensi (SK) dan kompetensi standar (KD) untuk setiap muatan lokal yang diselenggarakan.
Muatan lokal yang diselenggarakan SMP Negeri 18 Pekalongan, yaitu:
No.
Jenis Muatan Lokal
Nama Guru
1.
Bahasa Jawa

2.
Ketrampilan Membatik


Pertimbangan penetapan muatan lokal tersebut adalah:
·       Tersedianya guru berpengalaman pada mata pelajaran tersebut;
·       Tersediannya lahan untuk praktik pembelajaran;
·       Pengalaman ini dapat dijadikan modal bagi peserta didik di luar sekolah;
·       Karena masyarakat masih menjunjung tinggi nilai-nilai Bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari.

3.   Pengembangan Diri
Kegiatan Pengembangan Diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuia dengan kebutuhan, bakat, dan minat. Kegiatan Pengembangan Diri dapat dilakukan dalam bentuk ekstrakurikuler.

Pengembangan Diri bukan merupakan mata pelajaran sehingga penilaian kegiatan ini dilakukan secara kualitatif.


Jenis Pengembangan Diri yang ditetapkan SMP Negeri 18 Pekalongan terdiri atas:
Jenis Pengembangan diri
Pembimbing/ Penanggung Jawab
A.  Kepramukaan
-    Kepemimpinan
-    PMR
-    KIR

B.  Klub Olahraga
-    Volly Ball       - Atletik      
-    Basket Ball     - Bulutangkis

C.  Kerohanian
-    Sholat Dhuha
-    Tadarusan

D.  Seni Budaya/ Sanggar Seni
-    Vokal Grup
-    Ketrampilan Membatik


Catatan : Program Kegiatan Ekstrakurikuler


4.   Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar ditentukan berdasarkan penggunaan sistem  pengolahan program pendidikan yang berlaku di satuan pendidikan.

Pengaturan beban belajar di SMP Negeri 18 Pekalongan dengan sistem paket yang di dasarkan pada struktur dan muatan kurikulum dengan alokasi waktu sebagai berikut:
·     Beban belajar tetap adalah 36 jam pelajaran per minggu
·     Alokasi waktu 40 menit untuk setiap mata pelajaran

Kelas
Satu jam pembelajaran tatap muka
Jumlah jam pelajaran/ minggu
Minggu efektif per tahun
Waktu pembelajran per tahun
Jumlah jam per tahun (@ 60 menit)
VII, VIII, IX
40
36
34
1360
906




5.   Ketuntasan Belajar
Dalam penetapan ketuntasan belajar, satuan pendidikan dapat menetapkan kriteria ketuntasan minimal dengan mempertimbangkan tingkat kompleksitas, daya dukung, dan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intake) dalam penyelenggaraan  pembelajaran.

SMP Negeri 18 Pekalongan secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mencapai ketuntasan ideal.

Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik dan hasil analisis yang berbeda. Oleh karena itu, KKM mata pelajaran pun berbeda. Berdasarkan analisis tiap indikator dan kompetensi dasar, maka ditetapkan KKM sebagai berikut:

Komponen
Kriteria Ketuntasan Belajar
VII
VIII
IX
A.      Mata pelajaran



1.   Pendidikan Agama
75
75
75
2.   Pendidikan kewargaan
70
70
70
3.   Bahasa Indonesia
75
75
75
4.   Bahasa inggris
70
70
70
5.   Matematika
65
65
65
6.   Ilmu Pengetahuan Alam
70
70
70
7.   Ilmu Pengetahuan Sosial
70
70
70
8.   Seni Budaya
70
70
70
9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
75
75
75




B.      Muatan Lokal



1.   Bahasa Jawa
70
70
70
2.   Ketrampilan Membatik
75
75
75
C.      Pengembangan Diri



1.   Pramuka
A - D


2.   Atletik
A - D


3.   Kesenian
A - D



Karena satuan pendidikan menggunakan prinsip mastery learning (ketuntasan belajar), ada perlakuan khusus untuk peserta didik yang belum maupun sudah mencapai ketuntasan. Peserta didik yang belum mencapai KKM harus mengikuti kegiatan remedial, sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM mengikuti kegiatan pengayaan.


1.   Program Remedial (Perbaikan)
a.    Remedial wajib diikuti oleh siswa yang belum mencapai KKM dalam setiap kompetensi dasar dan/ atau indikator.
b.   Kegiatan remedial dilaksanakan di dalam/ di luar jam pembelajaran.
c.    Kegiatan remedial meliputi remedial pembelajaran dan remedial penilaian.
d.   Penilaian dalam program remedial dapat berupa tes maupun nontes.
e.    Kesempatan mengikuti kegiatan remedial.
f.    Nilai remedial dapat melampaui KKM.

2.   Program Pengayaan
a.    Pengayaan boleh diikuti oleh siswa yang telah mencapai KKM dalam setiap kompetensi dasar.
b.   Kegiatan pengayaan dilaksanakan di dalam/ di luar jam pembelajaran.
c.    Penilaian dalam program pengayaaan dapat berupa tes atau nontes.
d.   Nilai pengayaan yang lebih tinggi dari nilai sebelumnya yang bisa diperhitungkan.


6.   Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan
·     Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
a.   Telah menyelesaikan semua program pembelajaran untuk satu tahun pelajaran;
b.   Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk mata pelajaran agama dan kewarganegaraan serta berkepribadian baik;
c.   Kurang dari 4 kompetensi dasar yang tidak tuntas;
d.   Jumlah ketidakhadiran alpa kurang dari 24 izin dan sakit kurang dari 48 hari per tahun.

·     Kelulusan
Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Pasal 72 Ayat (1) bahwa peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan dasar dan menengah apabila:
a.    Telah menyelesaikan seluruh program pada setiap tingkat kelas;
b.   Lulus ujian nasional sesuai Kriteria yang ditetapkan pemerintah;
c.    Lulus ujian sekolah sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal;
d.   Nilai rata-rata semester I sampai dengan VI berpredikat baik.
 
7.   Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan berbasis lokal dan global merupakan pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan aspek-aspek yang berkaitan dengan daya saing global, seperti: ekonomi, budaya, bahasa, teknologi dan lain-lain.

Pendidikan berbasis lokal dan global dapat bermanfaat untuk membina kemampuan dan wawasan peserta didik sehingga mampu bertindak secara lokal atau sesuai dengan kondisi lokal dan dapat berpikir serta bersaing secara global.

Di SMP Negeri 18 Pekalongan mengadakan program keterampilan membatik sebagai langkah untuk memanfaatkan potensi ekonomi yang ada di Pekalongan. Selain itu juga di adakan budi daya tanaman obat sebagai langkah untuk meningkatkan pemakaian obat tradisional dalam bidang kesehatan.
Sedangkan dalam memanfaatkan keunggulan global, SMP Negeri 18 Pekalongan menyediakan Hotspot Area yang berguna untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam hal komunikasi, serta mengadakan pelatihan karya ilmiah remaja yang berguna untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam hal kejurnalistikkan. 









BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran aktif, efektif fakultatif, dan hari libur. Berikut adalah kalender tersebut secara rinci:

DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 18 PEKALONGAN
Jalan Kusuma Bangsa no. 39 Panjang – Pekalongan
Telepon (0285) 178178

PERKIRAAN KALENDER KEGIATAN
TAHUN PELAJARAN  2012/2013

JULI
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
5

TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
2 - 4 Juli
Masa Orientasi Siswa
5 - 7 Juli
Kemah Bakti Osis
9 -18 Juli
Awal aktif Pembelajaran
19 – 21 juli
Libur awal puasa
23 juli-11 Agustus
Aktif pembelajaran




AGUSTUS
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu



1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31


TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1-11 Agustus
Aktif Pembelajaran
13-25 Agustus
Libur Hari Raya Idul Fitri
27-31 Agustus
Aktif Pembelajaran


SEPTEMBER
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu






1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30







TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1-15 September
Aktif Pembelajaran
17-22 September
Ujian Tengah Semester
24-30 September
Aktif Pembelajaran



OKTOBER
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31












TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1 – 25 Oktober
Aktif pembelajaran
26-31 Oktober
Libur Hari Raya Idul Adha






NOVEMBER
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu




1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30










TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1-14 November
Aktif pembelajaran
15 November
Libur tahun baru hijriyah
16-17 November
Hari tenang menjelang UAS
19-24 November
UAS ganjil
26-30 November
Hari bebas + Remidial


DESEMBER
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu






1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30







TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1 Desember
Penerimaan raport semester ganjil
3-15 Desember
Libur Akhir Semester Ganjil
17-24 Desember
Aktif Pembelajaran semester genap
25  Desember
Libur Natal
26 – 29 Desember
Aktif pembelajaran


JANUARI 2013
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31








TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
2-21 Januari 2013
Aktif pembelajaran
23 Januari 2013
Libur Imlek
24-31 Januari 2013
Aktif pembelajaran

FEBRUARI 2013
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu



1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29




TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1-9 Februari
Aktif Pembelajaran
10 – 11 Februari
Hari tenang
13-18 Februari
UTS
18 Feb-29 Februrari
Aktif Pembelajaran

MARET 2013
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu




1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1-31 Maret
Aktif Pembelajaran


APRIL 2013
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30







TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
2-13 April
Masa Aktif pembelajaran
16-21 April
UAS Genap
23-26 April
Remidial
27 April
Penerimaan Raport
29-30 April
Libur Akhir Semester Genap


MEI  2013
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu


1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31



TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
1 mei-11 mei
Libur Akhir Semester Genap

JUNI  2013
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu





1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
227
28
29
30

TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
Juni 2013
Rapat kerja dan persiapan pendaftaran siswa baru



BAB V PENUTUP

Kurikulum  tingkat  satuan  pendidikan  ini  diharapkan  dapat  dilaksanakan  dengan  sebaik- baiknya   sehingga   kegiatan   belajar   mengajar   di   SMP Negeri 18 Pekalongan menjadi   lebih menyenangkan,   menantang,   mencerdaskan,   dan   sesuai   dengan   keadaan   daerah   dan kebutuhan peserta didik setempat.
Di  samping  itu,  sementara  para  guru  menerapkan  KTSP  ini,  mereka  diharapkan  dapat melakukan  evaluasi  secara  informal  terhadap  dokumen  KTSP  maupun  pelaksanaannya. Evaluasi tersebut diharapkan paling sedikit dapat menjawab pertanyaan berikut:
1.   Apakah  tujuan  pendidikan  yang  tertulis  dalam  KTSP  ini  cukup  lengkap  dan  dapat dicapai?
2.   Apakah kemampuan (pemahaman, keterampilan, dan sikap serta perilaku) yang tertulis cukup lengkap untuk merespon keadaan daerah dan kebutuhan peserta didik?
3.   Sejauhmana kemampuan siswa (pemahaman, keterampilan,  dan  sikap  serta  perilaku)
yang diharapkan dapat dicapai?
4.   Apakah   metode   yang   digunakan   cukup   efektif   dalam   mencapai   tujuan   yang diharapkan?
5.   Sejauhmana  penilaian  pembelajaran  yang  dirancang  dapat  mengungkap  secara  jelas perkembangan kemampuan yang diharapkan dari siswa?
Jawaban terhadap pertanyaan tersebut, yang mungkin terkumpulkan secara bertahap dari waktu   ke   waktu   oleh   para   guru   sebagai   pengembang   sekaligus   pelaksana   KTSP, didokumentasikan dengan baik sehingga menjadi masukan berharga bagi penyempurnaan KTSP di kemudian hari.
Selain  itu  berbagai  hasil  belajar  yang  diperoleh  siswa  (pemahaman,  keterampilan,  sikap dan perilaku) dapat menjadi bahan evaluasi guna mengetahui sejauhmana visi yang telah dirumuskan dapat dicapai atau didekati guna menyusun dan melaksanakan kegiatan tindak lanjut.
Akhirnya,  kesungguhan,  komitmen,  kerja  keras,  dan  kerjasama  dari  para  guru,  kepala sekolah, dan warga sekolah secara keseluruhan merupakan kunci utama bagi perwujudan dari apa yang telah direncanakan.


TIM PENYUSUN KTSP SMP NEGERI 18 PEKALONGAN

1.   Kepala Sekolah                     : Eka Nurkhasanah M. Ed
2.   Komite Sekolah                    : Robidin, S.Pd
3.   Guru                                      : Rondiyah, S.Pd
4.   Guru Pembimbing                : Naylatus Sa’diyah S.Pd
5.   Anggota                                : 1. Noviah Rizqianrini S. Pd
 2. Mustaqim S. Pd




TUGAS PENGEMBANGAN KURIKULUM

Disusun untuk memenuhi tugas UAS :
Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum
Dosen Pengampu :  Drs. Imam Suraji M. Ag



 






Disusun Oleh :
Mustaqim
202 109 143
Robidin
202 109 104
Rondiyah
202 109 105
Nailatus sa’diyah
202 109 136
Eka Nurkhasanah
202 109 143
Noviyah Rizkia Rini
202 108 151

Kelas C


Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam
STAIN PEKALONGAN
2011
DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN ..........................................................................                 i
DAFTAR ISI ................................................................................................               ii
BAB   I:  PENDAHULUAN.........................................................................                 2
A.  Latar Belakang .........................................................................              2
B.  Landasan ...................................................................................             3
C.  Tujuan Penyusunan KTSP.........................................................              3
D.  Prinsip Pengembangan KTSP ...................................................               3

BAB  II:  VISI,  MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH......................................                   5
A.  Visi ............. ..............................................................................            5
B.  Misi ............. .............................................................................            5
C.  Tujuan  Sekolah ........................................................................             5

BAB III:  STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM.............................                    7
A.
Struktur Kurikulum ..................................................................
7
B.
Muatan Kurikulum ...................................................................
5

1.   Mata Pelajaran Wajib .........................................................
14

2.   Muatan Lokal .....................................................................
15

3.   Pengembangan Diri ............................................................
16

4.   Pengaturan Beban Belajar ..................................................
16

5.   Ketuntasan Belajar .............................................................
17

6.   Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan..............................
18

7.   Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global .........
19


BAB IV:  KALENDER PENDIDIKAN .......................................................                  20
BAB V:   PENUTUP ....................................................................................                25


Oval: ii

 

LEMBAR PENGESAHAN


KEPALA SEKOLAH
TELAH MENGESAHKAN DAN MEMBERLAKUKAN KURIKULUM SMP NEGERI 18 PEKALONGAN
TAHUN AJARAN 2012/2013



DISAHKAN DI             : PEKALONGAN
                    PADA TANGGAL          : 30 Juni 2012

KEPALA SEKOLAH

EKA NURKHASANAH, M.Ed.
                             NIP 202 109 143


MENGETAHUI



KEPALA                                                         KOMITE  SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN
KOTA PEKALONGAN





NIP 28122012



supported by Eka Nurkhasanah Smart Teacher

Oval: i
 

1 komentar:

  1. Casino & Hotel - MapyRO
    Find your perfect spot in the 이천 출장안마 MGM 사천 출장샵 Grand casino hotel. MapyRO®. View real-time 사천 출장안마 driving directions, 의정부 출장안마 and road conditions – from all 상주 출장안마 5026 casinos in

    BalasHapus