KURIKULUM
SMP NEGERI 18
PEKALONGAN
TAHUN AJARAN 2012/2013
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP ) Negeri 18 Pekalongan
Jalan Kusuma Bangsa no. 39 Panjang – Pekalongan
Telepon (0285) 178178
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kurikulum merupakan seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu. Dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP), Departemen Pendidikan Nasional telah menetapkan kerangka
dasar Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK), dan Kompetensi
Dasar (KD).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh
masing-masing satuan pendidikan. Pengembangannya harus berdasarkan satuan
pendidikan, potensi daerah, atau karakteristik daerah, social budaya masyarakat
setempat dan peserta didik.
Selain itu, juga berisi tentang
pengelolaan pembelajaran yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan daerah.
Sesuai dengan visi dan misi sekolah yakni terwujudnya peserta didik yang unggul
dalam prestasi, kreatif, mandiri dalam belajar,
berakhlakul karimah serta mampu mengembangkan potensi daerahnya, maka
perlu disusun kurikulum yang relevan dengan karakteristik daerah. Seperti yang
kita ketahui potensi daerah Pekalongan adalah bidang perdagangan dan
perindustrian khususnya industri batik, yang dimana pekalongan mempunyai
sebutan “Pekalongan kota batik”. Selain itu daerah pekalongan yang masih kental
dengan adat jawa dan juga religiusnya, sesuai dengan semboyan kota pekalongan
yaitu “ Pekalongan kota santri”, maka dengan demikian kurikulum tingkat satuan
pendidikan ini juga bermuatan masalah-masalah yang ada kaitannya dengan perindustrian
khususnya batik dan juga bahasa jawa sebagai Kurikulum Muatan Lokal (Mulok).
B. Landasan
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) SMP Negeri 18 Pekalongan, mengacu pada :
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional Pasal 38 ayat 2 “kurikulum pendidikan dasar dan menengah
dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan
pendidikan dan komite sekolah/madrasah dibawah koordinasi dan supervise dinas
pendidikan atau kantor departemen agama kabupaten/kota untuk pendidikan dasar
dan provinsi untuk pendidikan menengah”.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat 2 “Kurikulum pada semua jenjang dan jenis
pendidikan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan,
potensi daerah, dan peserta didik.
C. Tujuan
Penyusunan KTSP
KTSP disusun dengan tujuan :
1.
Untuk
dijadikan pedoman bagi guru dalam pengelolaan pembelajaran sesuai dengan
karakteristik peserta didik dan kebutuhan daerah.
2.
Sebagai
pedoman dalam menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus
dicapai oleh peserta didik.
3.
Agar
peserta didik beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
4.
Agar
peserta didik dapat berinteraksi social baik dengan teman guru, dan masyarakat
setempat maupun lingkungan sekitar.
D. Prinsip
Pengembangan KTSP
Pengembangan KTSP SMP Negeri 18 Pekalongan
berpedoman pada prinsip-prinsip berikut :
1.
Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya.
2.
Beragam
dan terpadu
3.
Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4.
Relevan
dengan kebutuhan pendidikan.
5.
Menyeluruh
dan berkesinambungan.
6.
Belajar
sepanjang hayat.
7.
Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
BAB II
VISI, MISI, DAN TUJUAN
SEKOLAH
A. Visi
“ Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam
prestasi, kreatif, mandiri dalam belajar serta berakhlakul karimah”
B. Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, SMP Negeri 18
Pekalongan menetapkan misi sebagai berikut :
1.
Menciptakan
peserta didik yang unggul dalam prestasi.
2.
Menggali
dan mengembangkan bakat, minat dan potensi peserta didik secara maksimal.
3.
Menciptakan
suasana sekolah yang S3 (senyum, sapa, salam).
4.
Mengembangkan
disiplin siswa.
5.
Memanfaatkan
potensi sekolah agar dapat memberikan hasil terbaik bagi siswa.
C. Tujuan
Sekolah
Mengacu pada visi dan misi sekolah
serta tujuan pendidikan menengah yang tercantum dalam peraturan pemerintah no.
19 tahun 2005 yaitu meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut, maka tujuan yang ingin dicapai oleh SMPN 18 Pekalongan adalah
sebagai berikut :
1.
Melaksanakan
pengembangan diri siswa secara maksimal sesuai dengan bakat, minat dan potensi
peserta didik.
2.
Semua
guru harus menerapkan metode pembelajaran yang aktif dan kondusif.
3.
Menyediakan
fasilitas pembelajaran yang berbasis tekhnologi modern.
4.
Semua
masyarakat di sekolah menciptakan suasan S3 yaitu (senyum, sapa, salam).
5.
Dinding
kelas sekolah diciptakan dengan motif
batik yang indah dan mengandung unsur pembelajaran.
6.
Menyediakan
ruangan untuk keterampilan membatik yang dilengkapi dengan fasilitasnya.
BAB
III
STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
Struktur
dan muatan kurikulum KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang
tertuang dalam SI meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
1)
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2)
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan
3)
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan tekhnologi
4)
Kelompok
mata pelajaran estetika
5)
Kelompok
mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan.
Kelompok mata pelajaran tersebut memiliki cakupan dan
kegiatan masing-masing seperti diungkapkan di dalam PP 19/2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan Pasal 6 ayat (1) Pasal 7 sebagai berikut :
Kelompok
Mata pelajaran
|
Cakupan
|
Melalui
|
Agama dan
Akhlak Mulia
|
Membentuk peserta
didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta
berakhlak mulia
|
Kegiatan agama,
kewargaan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi,estetika, jasmani,
olahraga dan kesehatan
|
Kewargaan dan
kepribadian
|
Membentuk peserta
didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
|
Kegiatan agama,
akhlak mulia, kewargaan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani
|
Ilmu pengetahuan dan
teknologi
|
Mengembangkan logika,
kemampuan berpikir dan analisis peserta didik
|
Kegiatan bahasa,
matematika, illmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan social, keterampilan
/kejuruan, dan atau teknologi informasi dan komunikasi serta muatan lokal
yang relevan
|
Estetika
|
Membentuk karakter
peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya
|
Kegiatan bahasa, seni
dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan
|
Pendidikan Jasmani
dan Kesehatan
|
Membentuk karakter
peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sporivitas
|
Kegiatan pendidikan
jasmani olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan
lokal yang relevan.
|
Struktur KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran
termasuk pengembangan diri sebagai berikut :
Komponen
|
Kelas dan Alokasi
Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
1.
Pendidikan
Agama Islam
|
2
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan
Kewargaan
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
5.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
6.
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
7.
Ilmu
Pengetahuan sosial
|
4
|
4
|
4
|
8.
Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
9.
Pendidikan
Jasmani, Olah raga dan kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
B.
Muatan Lokal
|
|
|
|
1.
Batik
|
1
|
1
|
1
|
2.
Bahasa
Jawa
|
1
|
1
|
1
|
C.
Pengembangan Diri
|
|
|
|
1.
Pramuka
|
1
|
1
|
-
|
2.
PMR
|
1
|
1
|
-
|
3.
Keterampilan
membatik
|
-
|
1
|
1
|
4.
Atletik
|
1
|
1
|
1
|
5.
Rohis
|
-
|
1
|
1
|
Jumlah
|
|
|
|
B. MUATAN
KURIKULUM
Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP
Negeri 18 Pekalongan meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan
kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik dan materi muatan
lokal.
1.
Mata Pelajaran Wajib
Mata pelajaran wajib yang diselenggarakan di SMP
Negeri 18 Pekalongan terdiri atas :
a. Pendidikan
Agama Islam
Tujuan :
·
Meningkatkan
keimanan dan ketakwaan peserta didik sesuai dengan keyakinan ajaran agama
islam.
·
Memberikan
wawasan kepada peserta didik tentang ajaran agama islam
·
Memberikan
perubahan tingkah laku, aktivitas dan pencapaiannya serta pertumbuhan yang
diingini pada peserta didik dan persiapan mereka pada kehidupan dunia dan
akhirat.
Ruang lingkup :
·
Al-Qur’an
dan Hadits
·
Aqidah
·
Akhlak
·
Fiqih
·
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
b. Pendidikan
Kewargaan
Tujuan :
·
Memberikan
pemahaman terhadap peserta didik tentang kesadaran hidup berbangsa dan
bernegara dan pentingnya penanaman rasa persatuan dan kesatuan.
Ruang lingkup :
1.
Persatuan
dan Kesatuan bangsa, meliputi : hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan,
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, sumpah pemuda, keutuhan negara kesatuan
republic Indonesia, partisipasi dalam pembelaan negara, sikap positif terhadap
negara kesatuan republic Indonesia, keterbukaan dan jaminan keadilan.
2.
Norma,
Hukum dan Peraturan, meliputi : tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib
sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan daerah,
norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sistem hukum dan peradilan
nasional, hukum dan peradilan internasional.
3.
Hak
Asasi Manusia, meliputi : hak dan kewajiban anak, hak dan kewajiban anggota
masyarakat, instrument nasional dan internasional HAM, pemajuan, penghormatan
dan perlindungan HAM.
4.
Kebutuhan
warga negara, meliputi : hidup gotong royong, harga diri sebagai warga
masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat,
menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan warganegara.
5.
Konstitusi
Negara, meliputi : proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama,
konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, hubungan dasar negara
dengan konstitusi.
6.
Kekuasaan
dan Politik, meliputi : pemerintahan desa dan kecamatan, pemerintahan
daerah dan otonomi, pemerintah pusat,
demokrasi dan sistem politik, budaya politik, budaya demokrasi menuju
masyarakat madani, sistem pemerintahan, pers dalam masyarakat demokrasi.
7.
Pancasila,
meliputi : kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan ideology negara, proses
perumusan pancasila sebagai dasar negara, pengalaman nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideology terbuka.
8.
Globalisasi,
meliputi : globalisasi di lingkungannya, politik luar negeri Indonesia di era
globalisasi, dampak globalisasi, hubungan internasional dan organisasi
Internasional, serta mengevaluasi globalisasi.
c.
Bahasa
Indonesia
Tujuan:
Membina
keterampilan berbahasa secara
lisan
dan
tertulis serta
dapat menggunakan bahasa sebagai
alat
komunikasi dan
sarana
pemahaman
terhadap IPTEK.
Ruang
lingkup :
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis
d. Bahasa
Inggris
Tujuan :
Membina keterampilan berbahasa dan berkomunikasi
secara lisan dan tertulis untuk menghadapi perkembangan IPTEK dalam menyongsong
era globalisasi.
Ruang lingkup :
1.
Kemampuan
berwacana, yakni kemampuan memahami dan atau menghasilkan teks lisan dan atau
tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni
mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai
tingkat literasi functional
2.
Kemampuan
memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendeek dan monolog serta
esei berbentuk procedure, recount,
narrative, dan report. Gradasi
bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah –
langkah retorika;
3.
Kompetensi
pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa
kata,
tata
bunyi,
tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan
tindak bahasa
secara
berterima dalam berbagai konteks
komunikasi), kompetensi strategi
(mengatasi masalah
yang timbul dalam
proses komunikasi dengan
berbagai cara
agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti
pembentuk wacana).
e. Matematika
Tujuan
:
Memberikan
pemahaman logika dan kemampuan dasar Matematika dalam rangka penguasaan IPTEK.
Ruang
lingkup :
1.
Bilangan
2.
Aljabar
3.
Geometri
dan pengukuran
4.
Statistika
dan peluang
f.
Ilmu Pengetahuan Alam
Tujuan:
Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada
peserta didik untuk menguasai dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan IPTEK.
Ruang lingkup :
1.
Makhluk
hidup dan proses kehidupan
2.
Materi
dan sifatnya
3.
Energy
dan perubahannya
4.
Bumi
dan alam semesta
g. Ilmu
Pengetahuan Sosial
Tujuan :
Memberikan pengetahuan sosio cultural masyarakat
yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki
keterampilan hidup secara mandiri.
Ruang lingkup :
1.
Manusia,
tempat, dan lingkungan
2.
Waktu,
keberlanjutan, dan perubahan
3.
Sistem
social dan budaya
4.
Perilaku
ekonomi dan kesejahteraan
h. Seni Budaya
Tujuan :
Mengembagkan apresiasi seni, daya kreasi, dan
kecintaan pada seni budaya nasional.
Ruang lingkup:
1. Keterampilan Membatik,
2. Vokal Group,
i. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan:
Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan
kebugaran dan keterampilan dalam bidang olahraga, menanamkan rasa sportifitas,
tanggung jawab disiplin dan percaya diri pada peserta didik.
Ruang lingkup:
1.
Permainan
dan Olahraga, meliputi: sepak bola, bola basket, bola voli, atletik,
bulutangkis, serta aktivitas lainnya.
2.
Aktivitas
Pengembangan, meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan
bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya.
3.
Aktivitas
Senam, meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan
dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
4.
Aktivitas
Ritmik, meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas
lainnya.
j. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan:
Memberikan keterampilan dalam bidang teknologi
informatika dan komunikasi yang sesuai
dengan bakat dan minat peserta didik.
Ruang lingkup:
1.
Perangkat
keras dan lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan
menyajikan informasi;
2.
Penggunaan
alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat
lainnya.
2. Muatan
Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk
mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah,
termasuk keunggulan daerah.
Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga
satuan pendidikan harus mengembangkan standar kompetensi (SK) dan kompetensi
standar (KD) untuk setiap muatan lokal yang diselenggarakan.
Muatan lokal yang diselenggarakan SMP Negeri 18
Pekalongan, yaitu:
No.
|
Jenis Muatan Lokal
|
Nama Guru
|
1.
|
Bahasa Jawa
|
|
2.
|
Ketrampilan Membatik
|
|
Pertimbangan penetapan muatan lokal tersebut adalah:
·
Tersedianya
guru berpengalaman pada mata pelajaran tersebut;
·
Tersediannya
lahan untuk praktik pembelajaran;
·
Pengalaman
ini dapat dijadikan modal bagi peserta didik di luar sekolah;
·
Karena
masyarakat masih menjunjung tinggi nilai-nilai Bahasa Jawa dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Pengembangan
Diri
Kegiatan
Pengembangan Diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuia dengan
kebutuhan, bakat, dan minat. Kegiatan Pengembangan Diri dapat dilakukan dalam
bentuk ekstrakurikuler.
Pengembangan
Diri bukan merupakan mata pelajaran sehingga penilaian kegiatan ini dilakukan
secara kualitatif.
Jenis
Pengembangan Diri yang ditetapkan SMP Negeri 18 Pekalongan terdiri atas:
Jenis
Pengembangan diri
|
Pembimbing/
Penanggung Jawab
|
A. Kepramukaan
-
Kepemimpinan
-
PMR
-
KIR
|
|
B. Klub Olahraga
-
Volly
Ball - Atletik
-
Basket
Ball - Bulutangkis
|
|
C. Kerohanian
-
Sholat
Dhuha
-
Tadarusan
|
|
D. Seni Budaya/ Sanggar Seni
-
Vokal
Grup
-
Ketrampilan
Membatik
|
|
Catatan :
Program Kegiatan Ekstrakurikuler
4. Pengaturan
Beban Belajar
Beban belajar
ditentukan berdasarkan penggunaan sistem
pengolahan program pendidikan yang berlaku di satuan pendidikan.
Pengaturan beban
belajar di SMP Negeri 18 Pekalongan
dengan sistem paket yang di dasarkan pada struktur dan muatan kurikulum dengan
alokasi waktu sebagai berikut:
·
Beban
belajar tetap adalah 36 jam pelajaran per minggu
·
Alokasi
waktu 40 menit untuk setiap mata pelajaran
Kelas
|
Satu
jam pembelajaran tatap muka
|
Jumlah
jam pelajaran/ minggu
|
Minggu
efektif per tahun
|
Waktu
pembelajran per tahun
|
Jumlah
jam per tahun (@ 60 menit)
|
VII,
VIII, IX
|
40
|
36
|
34
|
1360
|
906
|
5. Ketuntasan
Belajar
Dalam penetapan
ketuntasan belajar, satuan pendidikan dapat menetapkan kriteria ketuntasan
minimal dengan mempertimbangkan tingkat kompleksitas, daya dukung, dan tingkat
kemampuan rata-rata peserta didik (intake)
dalam penyelenggaraan pembelajaran.
SMP Negeri 18 Pekalongan
secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mencapai ketuntasan ideal.
Setiap mata
pelajaran memiliki karakteristik dan hasil analisis yang berbeda. Oleh karena
itu, KKM mata pelajaran pun berbeda. Berdasarkan analisis tiap indikator dan
kompetensi dasar, maka ditetapkan KKM sebagai berikut:
Komponen
|
Kriteria Ketuntasan
Belajar
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A.
Mata pelajaran
|
|
|
|
1.
Pendidikan
Agama
|
75
|
75
|
75
|
2.
Pendidikan
kewargaan
|
70
|
70
|
70
|
3.
Bahasa
Indonesia
|
75
|
75
|
75
|
4.
Bahasa
inggris
|
70
|
70
|
70
|
5.
Matematika
|
65
|
65
|
65
|
6.
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
70
|
70
|
70
|
7.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
70
|
70
|
70
|
8.
Seni
Budaya
|
70
|
70
|
70
|
9.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
75
|
75
|
75
|
|
|
|
|
B.
Muatan Lokal
|
|
|
|
1.
Bahasa
Jawa
|
70
|
70
|
70
|
2.
Ketrampilan
Membatik
|
75
|
75
|
75
|
C.
Pengembangan Diri
|
|
|
|
1.
Pramuka
|
A - D
|
|
|
2.
Atletik
|
A
- D
|
|
|
3.
Kesenian
|
A
- D
|
|
|
Karena
satuan pendidikan menggunakan prinsip mastery
learning (ketuntasan belajar), ada perlakuan khusus untuk peserta didik
yang belum maupun sudah mencapai ketuntasan. Peserta didik yang belum mencapai
KKM harus mengikuti kegiatan remedial, sedangkan peserta didik yang sudah
mencapai KKM mengikuti kegiatan pengayaan.
1.
Program
Remedial (Perbaikan)
a.
Remedial wajib
diikuti oleh siswa yang belum mencapai KKM dalam setiap kompetensi dasar dan/
atau indikator.
b. Kegiatan remedial dilaksanakan di dalam/ di luar jam pembelajaran.
c.
Kegiatan remedial meliputi
remedial pembelajaran dan remedial penilaian.
d.
Penilaian
dalam program remedial dapat berupa
tes maupun nontes.
e.
Kesempatan
mengikuti kegiatan remedial.
f.
Nilai
remedial dapat melampaui KKM.
2.
Program
Pengayaan
a.
Pengayaan
boleh diikuti oleh siswa yang telah mencapai KKM dalam setiap kompetensi dasar.
b.
Kegiatan
pengayaan dilaksanakan di dalam/ di luar jam pembelajaran.
c.
Penilaian
dalam program pengayaaan dapat berupa tes atau nontes.
d.
Nilai
pengayaan yang lebih tinggi dari nilai sebelumnya yang bisa diperhitungkan.
6. Kriteria
Kenaikan Kelas dan Kelulusan
·
Kenaikan
Kelas
Peserta didik
dinyatakan naik kelas apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
a.
Telah
menyelesaikan semua program pembelajaran untuk satu tahun pelajaran;
b.
Memperoleh
nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk mata pelajaran agama dan
kewarganegaraan serta berkepribadian baik;
c.
Kurang
dari 4 kompetensi dasar yang tidak tuntas;
d.
Jumlah
ketidakhadiran alpa kurang dari 24 izin dan sakit kurang dari 48 hari per
tahun.
·
Kelulusan
Di dalam
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Pasal 72 Ayat (1) bahwa peserta didik
dinyatakan lulus dari satuan pendidikan dasar dan menengah apabila:
a.
Telah
menyelesaikan seluruh program pada setiap tingkat kelas;
b.
Lulus
ujian nasional sesuai Kriteria yang ditetapkan pemerintah;
c.
Lulus
ujian sekolah sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal;
d.
Nilai
rata-rata semester I sampai dengan VI berpredikat baik.
7. Pendidikan
Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan
berbasis lokal dan global merupakan pendidikan yang memanfaatkan keunggulan
lokal dan aspek-aspek yang berkaitan dengan daya saing global, seperti:
ekonomi, budaya, bahasa, teknologi dan lain-lain.
Pendidikan
berbasis lokal dan global dapat bermanfaat untuk membina kemampuan dan wawasan
peserta didik sehingga mampu bertindak secara lokal atau sesuai dengan kondisi
lokal dan dapat berpikir serta bersaing secara global.
Di
SMP Negeri 18 Pekalongan mengadakan program keterampilan membatik sebagai
langkah untuk memanfaatkan potensi ekonomi yang ada di Pekalongan. Selain itu
juga di adakan budi daya tanaman obat sebagai langkah untuk meningkatkan
pemakaian obat tradisional dalam bidang kesehatan.
Sedangkan
dalam memanfaatkan keunggulan global, SMP Negeri 18 Pekalongan menyediakan
Hotspot Area yang berguna untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam hal
komunikasi, serta mengadakan pelatihan karya ilmiah remaja yang berguna untuk
meningkatkan kompetensi peserta didik dalam hal kejurnalistikkan.
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
Kalender
pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik
selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran,
minggu efektif belajar, waktu pembelajaran aktif, efektif fakultatif, dan hari
libur. Berikut adalah kalender tersebut secara rinci:
DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 18 PEKALONGAN
Jalan
Kusuma Bangsa no. 39 Panjang – Pekalongan
Telepon
(0285) 178178
PERKIRAAN KALENDER
KEGIATAN
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
JULI
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
1
|
2
|
3
|
5
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
2 -
4 Juli
|
Masa
Orientasi Siswa
|
5 -
7 Juli
|
Kemah
Bakti Osis
|
9 -18
Juli
|
Awal
aktif Pembelajaran
|
19
– 21 juli
|
Libur
awal puasa
|
23
juli-11 Agustus
|
Aktif
pembelajaran
|
AGUSTUS
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
1-11
Agustus
|
Aktif
Pembelajaran
|
13-25
Agustus
|
Libur
Hari Raya Idul Fitri
|
27-31
Agustus
|
Aktif
Pembelajaran
|
SEPTEMBER
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
|
|
|
|
|
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||
1-15
September
|
Aktif
Pembelajaran
|
||||||
17-22
September
|
Ujian
Tengah Semester
|
||||||
24-30
September
|
Aktif
Pembelajaran
|
||||||
OKTOBER
|
|||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|
|
|
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||
1 –
25 Oktober
|
Aktif
pembelajaran
|
||||||
26-31
Oktober
|
Libur
Hari Raya Idul Adha
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
NOVEMBER
|
|||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
|
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
1-14
November
|
Aktif
pembelajaran
|
15
November
|
Libur
tahun baru hijriyah
|
16-17
November
|
Hari
tenang menjelang UAS
|
19-24
November
|
UAS
ganjil
|
26-30
November
|
Hari
bebas + Remidial
|
DESEMBER
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
|
|
|
|
|
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
1
Desember
|
Penerimaan
raport semester ganjil
|
3-15
Desember
|
Libur
Akhir Semester Ganjil
|
17-24
Desember
|
Aktif
Pembelajaran semester genap
|
25 Desember
|
Libur
Natal
|
26
– 29 Desember
|
Aktif
pembelajaran
|
JANUARI
2013
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|
|
|
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
2-21
Januari 2013
|
Aktif
pembelajaran
|
23
Januari 2013
|
Libur
Imlek
|
24-31
Januari 2013
|
Aktif
pembelajaran
|
FEBRUARI
2013
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
|
|
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
1-9
Februari
|
Aktif
Pembelajaran
|
10
– 11 Februari
|
Hari
tenang
|
13-18
Februari
|
UTS
|
18
Feb-29 Februrari
|
Aktif
Pembelajaran
|
MARET
2013
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
1-31
Maret
|
Aktif
Pembelajaran
|
APRIL
2013
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
|
|
|
|
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
2-13
April
|
Masa
Aktif pembelajaran
|
16-21
April
|
UAS
Genap
|
23-26
April
|
Remidial
|
27
April
|
Penerimaan
Raport
|
29-30
April
|
Libur
Akhir Semester Genap
|
MEI 2013
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
1
mei-11 mei
|
Libur
Akhir Semester Genap
|
JUNI 2013
|
||||||
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
227
|
28
|
29
|
30
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
Juni
2013
|
Rapat
kerja dan persiapan pendaftaran siswa baru
|
BAB V PENUTUP
Kurikulum
tingkat
satuan
pendidikan
ini
diharapkan
dapat
dilaksanakan
dengan
sebaik-
baiknya sehingga kegiatan belajar
mengajar
di
SMP Negeri 18 Pekalongan menjadi lebih menyenangkan, menantang, mencerdaskan, dan sesuai
dengan
keadaan
daerah
dan kebutuhan peserta didik setempat.
Di
samping itu, sementara
para
guru
menerapkan KTSP ini,
mereka diharapkan dapat melakukan evaluasi secara informal terhadap
dokumen KTSP maupun
pelaksanaannya.
Evaluasi tersebut diharapkan paling
sedikit dapat menjawab pertanyaan berikut:
1.
Apakah tujuan pendidikan yang
tertulis
dalam
KTSP
ini
cukup
lengkap
dan
dapat
dicapai?
2.
Apakah kemampuan (pemahaman, keterampilan, dan sikap
serta perilaku) yang tertulis cukup lengkap untuk merespon keadaan daerah
dan kebutuhan peserta didik?
3.
Sejauhmana kemampuan siswa (pemahaman, keterampilan,
dan
sikap
serta
perilaku)
yang diharapkan dapat dicapai?
4.
Apakah metode yang
digunakan cukup
efektif dalam
mencapai tujuan
yang diharapkan?
5.
Sejauhmana penilaian
pembelajaran
yang
dirancang dapat mengungkap secara jelas perkembangan kemampuan yang diharapkan dari siswa?
Jawaban terhadap
pertanyaan tersebut, yang mungkin terkumpulkan
secara bertahap dari
waktu ke
waktu
oleh
para
guru
sebagai
pengembang sekaligus pelaksana KTSP, didokumentasikan dengan baik sehingga menjadi masukan berharga bagi penyempurnaan KTSP di kemudian hari.
Selain
itu
berbagai
hasil belajar yang
diperoleh siswa (pemahaman,
keterampilan, sikap dan perilaku) dapat menjadi bahan evaluasi guna mengetahui
sejauhmana visi yang telah dirumuskan dapat dicapai
atau didekati guna menyusun
dan melaksanakan kegiatan tindak lanjut.
Akhirnya,
kesungguhan,
komitmen, kerja keras, dan kerjasama dari para guru, kepala sekolah, dan warga sekolah
secara keseluruhan merupakan kunci utama bagi perwujudan dari apa yang telah
direncanakan.
TIM PENYUSUN KTSP SMP
NEGERI 18 PEKALONGAN
1.
Kepala
Sekolah : Eka
Nurkhasanah M. Ed
2.
Komite
Sekolah : Robidin, S.Pd
3.
Guru :
Rondiyah, S.Pd
4.
Guru
Pembimbing : Naylatus
Sa’diyah S.Pd
5.
Anggota : 1. Noviah
Rizqianrini S. Pd
2. Mustaqim S. Pd
TUGAS
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Disusun untuk memenuhi tugas UAS :
Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum
Dosen Pengampu : Drs. Imam Suraji M. Ag
Disusun Oleh :
Mustaqim
|
202 109 143
|
Robidin
|
202 109 104
|
Rondiyah
|
202 109 105
|
Nailatus sa’diyah
|
202 109 136
|
Eka Nurkhasanah
|
202 109 143
|
Noviyah Rizkia Rini
|
202 108 151
|
Kelas
C
Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam
STAIN PEKALONGAN
2011
DAFTAR
ISI
LEMBAR PENGESAHAN .......................................................................... i
DAFTAR ISI
................................................................................................ ii
BAB I: PENDAHULUAN......................................................................... 2
A.
Latar
Belakang ......................................................................... 2
B.
Landasan
................................................................................... 3
C.
Tujuan
Penyusunan KTSP......................................................... 3
D.
Prinsip
Pengembangan KTSP
................................................... 3
BAB II:
VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH...................................... 5
A.
Visi
............. .............................................................................. 5
B.
Misi
............. ............................................................................. 5
C.
Tujuan Sekolah
........................................................................ 5
BAB
III: STRUKTUR DAN MUATAN
KURIKULUM............................. 7
A.
|
Struktur Kurikulum ..................................................................
|
7
|
B.
|
Muatan Kurikulum ...................................................................
|
5
|
|
1. Mata Pelajaran Wajib .........................................................
|
14
|
|
2. Muatan Lokal
.....................................................................
|
15
|
|
3. Pengembangan
Diri ............................................................
|
16
|
|
4. Pengaturan Beban Belajar
..................................................
|
16
|
|
5. Ketuntasan Belajar
.............................................................
|
17
|
|
6. Kriteria Kenaikan Kelas dan
Kelulusan..............................
|
18
|
|
7. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan
Global .........
|
19
|
BAB
IV: KALENDER PENDIDIKAN
....................................................... 20
BAB
V: PENUTUP
.................................................................................... 25
LEMBAR PENGESAHAN
KEPALA
SEKOLAH
TELAH
MENGESAHKAN DAN MEMBERLAKUKAN KURIKULUM SMP
NEGERI 18 PEKALONGAN
TAHUN
AJARAN 2012/2013
DISAHKAN
DI : PEKALONGAN
PADA TANGGAL : 30 Juni 2012
KEPALA
SEKOLAH
EKA
NURKHASANAH, M.Ed.
NIP 202 109 143
MENGETAHUI
KEPALA KOMITE SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN
KOTA PEKALONGAN
NIP 28122012
supported by Eka Nurkhasanah Smart Teacher | |||
Casino & Hotel - MapyRO
BalasHapusFind your perfect spot in the 이천 출장안마 MGM 사천 출장샵 Grand casino hotel. MapyRO®. View real-time 사천 출장안마 driving directions, 의정부 출장안마 and road conditions – from all 상주 출장안마 5026 casinos in