Kamis, 17 Mei 2012

RPP Akidah-Akhlak


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Disusun guna memenuhi tugas :
Mata Kuliah    : Micro Teaching
Dosen Pengampu         : Zaenal Mustakim M.Ag




 








                                                               Disusun Oleh :

Eka Nurkhasanah
202 109 143
Kelas C


JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
( STAIN) PEKALONGAN
                                                             2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )



Nama sekolah          : SMP Kholifah
Mata Pelajaran         : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester         :  VIII/II
Pertemuan ke           : 1
Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi  : Menghindari akhlak tercela pada sesama
Kompetensi Dasar    :
§  Menjelaskan pengertian hasad, dendam dan ghibah
§  Mengidentifikasi bentuk perbuatan hasad, dendam dan ghibah
§  Menunjukkan nila-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam dan ghibah
§  Membiasakan diri untuk menghindari perilaku hasad, dendam dan ghibah

Indikator  :
§   Menjelaskan pengertian hasad beserta contohnya
§  Menjelaskan pengertian dendam beserta contohnya
§  Menjelaskan pengertian ghibah beserta contohnya
§  Menunjukkan ayat-ayat yang berhubungan dengan perilaku hasad, dendam dan ghibah
§  Menjelaskan pentingnya menghindari sifat hasad, dendam dan ghibah

     I.          Tujuan Pembelajaran
*       Siswa dapat memahami pengertian dari hasad, dendam dan ghibah
*       Siswa dapat memahami ayat-ayat yang berhubungan dengan hasad, dendam dan ghibah
*       Siswa dapat menghindari  perilaku hasad, dendam dan ghibah kepada sesama.


    II.          Karakter Siswa Yang Diharapkan
*     Ikhlas
*     Perduli
*     Pemaaf

  III.          Materi Ajar
ü  Pengertian hasad, dendam dan ghibah
ü  Ayat- ayat tentang hasad, dendam dan ghibah
ü  Contoh perilaku hasad, dendam dan ghibah

  IV.          Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya – jawab,  dan Penugasan,

    V.          Langkah – Langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi
Ø  Guru memberi salam dan perkenalan
Ø  Guru memulai pembelajaran dengan berdo’a bersama-sama
Ø  Guru mengabsen siswa satu per satu
Ø  Guru melakukan apersepsi (menjelaskan kepada siswa bahwa tujuan utama diutusnya Nabi Muhammad, diantaranya adalah menyempurnakan akhlak umatnya).


B.    Kegiatan Inti
      I.          Eksplorasi



   II.          Elaborasi
Ø  Guru menjelaskan tentang pengertian hasad, dendam, dan ghibah kemudian memberikan contoh-contoh kepada siswa.
Ø  Siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dan mind map yang ada di papan tulis.
Ø  Guru membacakan dan menjelaskan
Ayat yang menerangkan tentang hasad, dendam dan ghibah
Ø  Siswa diberi tugas menulis contoh perilaku tercela, seperti hasad, dendam dan ghibah di buku catatan masing-masing kemudian guru menawarkan kepada siswa yang bersedia membacakan hasil tugasnya
Ø  Mengoreksi bersama-sama
 III.          Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C.    Kegiatan Akhir
o   Guru mengulang secara singkat materi yang ada di halaman
o   Guru menutup pembelajaran dengan membaca hamdalah bersama
o   Guru mengucapkan salam



   V.          Alat / Bahan / Sumber Belajar
Buku LKS PAI MGMP Kota Pekalongan Pendidikan Agama Islam Untuk SMP/Mts Kelas VIII semester 2, Mind Map.

  VI.          Penilaian ( Terlampir )
a.        Tehnik                  : Tes tertulis
b.       Bentuk Instrumen            : Obyektif, essay




                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah

………………
NIP………..


Pekalongan, …
Guru Mapel PAI

……………………
NIP……………….



























Lampiran

Soal
A.    Tes  Obyektif
1.     Penyakit hati yang bisa merusak amal kebaikan adalah…
a.      namimah
b.     takabur
c.      hasad
d.     ghibah
2.     Setan sangat sangat  kepada orang yang berbuat hal-hal berikut, kecuali…
a.      menghasut
b.     tawadu
c.      dengki
d.     fitnah
3.     Jika kita bersyukur terhadap nikmat yang ada, maka akan…
a.      Disiksa dalam neraka
b.     Dijauhi kaum muslimin
c.      Disayang setan
d.     Ditambah nikmatnya
4.     Ambisi berlebihan yang membabi buta merupakan awal dari…
a.      Lahirnya takabur
b.     Munculnya hasad
c.      Timbulnya keikhlasan
d.     Lahirnya dendam
5.     Sifat dengki dan iri hati akan menjadikan seseorang selalu….
a.      Negative thingking
b.     Kesempurnaan islam
c.      Positif thinking
d.      Saling tolong menolong
6.     Sikap dendam merupakan perilaku tercela yang timbul akibat adanya…
a.      Sikap tidak terpuji
b.     Tindak kecurangan
c.      Tindak kejahatan
d.     Tindakan yang tidak terarah
7.     Orang yang melakukan ghibah diibaratkan seperti
a.      Menyembelih babi yang sudah mati
b.     Membuang bangkai binatang ternak
c.      Memakan daging saudaranya yang sudah mati
d.     Membawa daging hewan buruan sisa binatang buas
8.     Seseorang yang dihinggapi dendam membara akan melakukan hal-hal berikut kecuali..
a.      Mencemarkan nama baik
b.     Membalas dengan lebih kejam
c.      Memaafkan orang yang bersalah
d.     Mencelakakan orang yagn didendaminya sampai binasa
9.     Dibawah ini, pernyataan yang benar tentang kedengkian ialah…
a.      Mensyukuri nikmat yang di dapat orang lain
b.     Tidak mensyukuri nikmat yang ada pada diri sendiri
c.      Melupakan kebaikan yang diberikan kepada orang lain
d.     Membenci nikmat yang ada pada orang lain dan menginginkan lenyapnya nikmat itu darinya.
10.  Hadits Rasulullah saw menyatakan bahwa tindakan dengki akan merusak pahala kebaikan sebagaimana…
a.      Daun yang tersiram air dingin
b.     Api yang menghanguskan kayu bakar
c.      Panas setahun dihapuskan hujan sehari
d.     Api yang tersiram air


B.    Soal Essay

1.     Apa dampak yang mungkin terjadi bila banyak orang bermegah-megahan dalam hal harta?
2.     Apa pengertian hasad, secara bahasa dan istilah?
3.     Apa salah satu ciri-ciri orang yang islamnya sempurna?
4.     Apa hukum berlaku hasad?
5.     Tulislah dalil yang menerangkan tentang larangan dengki!


Penilaian
A.    Test Obyektif
Jumlah soal                       : 10 nomor
Jumlah nilai setiap soal    : 10
Nilai                                  : jumlah yang benar x 100 : Jumlah soal

B.    Test Essay
Jumlah so’al                     : 5 nomor
Jumlah nilai setiap soal    : 20
Nilai                                  : jumlah jawaban yang benar x 100 : jumlah so’al

__ berbagi itu indah __ by Eka enha "right follower" good light




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar