RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Disusun guna
memenuhi tugas :
Mata Kuliah : Micro Teaching
Dosen Pengampu : Zaenal Mustakim M.Ag
Disusun
Oleh :
Eka Nurkhasanah
202 109 143
Kelas C
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
( STAIN) PEKALONGAN
2012
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Nama
sekolah : SMP Kholifah
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
VIII/II
Pertemuan
ke : 1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi : Menghindari akhlak tercela
pada sesama
Kompetensi
Dasar :
§ Menjelaskan
pengertian hasad, dendam dan ghibah
§ Mengidentifikasi
bentuk perbuatan hasad, dendam dan ghibah
§ Menunjukkan
nila-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam dan ghibah
§ Membiasakan
diri untuk menghindari perilaku hasad, dendam dan ghibah
Indikator :
§ Menjelaskan pengertian hasad beserta contohnya
§ Menjelaskan
pengertian dendam beserta contohnya
§ Menjelaskan pengertian
ghibah beserta contohnya
§ Menunjukkan
ayat-ayat yang berhubungan dengan perilaku hasad, dendam dan ghibah
§ Menjelaskan
pentingnya menghindari sifat hasad, dendam dan ghibah
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pengertian dari hasad, dendam dan ghibah
Siswa dapat memahami ayat-ayat yang berhubungan dengan hasad, dendam
dan ghibah
Siswa dapat menghindari
perilaku hasad, dendam dan ghibah kepada sesama.
II.
Karakter Siswa Yang Diharapkan
Ikhlas
Perduli
Pemaaf
III.
Materi Ajar
ü Pengertian
hasad, dendam dan ghibah
ü Ayat- ayat
tentang hasad, dendam dan ghibah
ü Contoh perilaku
hasad, dendam dan ghibah
IV.
Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya
– jawab, dan Penugasan,
V.
Langkah – Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi
|
Ø Guru memberi
salam dan perkenalan
Ø Guru memulai
pembelajaran dengan berdo’a bersama-sama
Ø Guru
mengabsen siswa satu per satu
Ø Guru
melakukan apersepsi (menjelaskan kepada siswa bahwa tujuan utama diutusnya
Nabi Muhammad, diantaranya adalah menyempurnakan akhlak umatnya).
|
B.
Kegiatan Inti
I.
Eksplorasi
II.
Elaborasi
|
Ø Guru
menjelaskan tentang pengertian hasad, dendam, dan ghibah kemudian memberikan
contoh-contoh kepada siswa.
Ø Siswa
memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dan mind map yang ada di papan
tulis.
Ø Guru
membacakan dan menjelaskan
Ayat yang menerangkan tentang hasad, dendam dan ghibah
Ø Siswa diberi
tugas menulis contoh perilaku tercela, seperti hasad, dendam dan ghibah di
buku catatan masing-masing kemudian guru menawarkan kepada siswa yang
bersedia membacakan hasil tugasnya
Ø Mengoreksi
bersama-sama
|
III.
Konfirmasi
|
§ Guru bertanya
jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
§ Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
|
C.
Kegiatan Akhir
|
o
Guru mengulang secara singkat materi yang ada di halaman
o
Guru menutup pembelajaran dengan membaca hamdalah bersama
o
Guru mengucapkan salam
|
V.
Alat / Bahan / Sumber Belajar
Buku LKS PAI MGMP Kota Pekalongan Pendidikan Agama Islam Untuk
SMP/Mts Kelas VIII semester 2, Mind Map.
VI.
Penilaian ( Terlampir )
a.
Tehnik : Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Obyektif, essay
Mengetahui,
Kepala Sekolah
………………
NIP………..
|
Pekalongan, …
Guru Mapel PAI
……………………
NIP……………….
|
Lampiran
Soal
A.
Tes Obyektif
1.
Penyakit hati yang bisa merusak amal kebaikan adalah…
a.
namimah
b.
takabur
c.
hasad
d.
ghibah
2.
Setan sangat sangat kepada
orang yang berbuat hal-hal berikut, kecuali…
a.
menghasut
b.
tawadu
c.
dengki
d.
fitnah
3.
Jika kita bersyukur terhadap nikmat yang ada, maka akan…
a.
Disiksa dalam neraka
b.
Dijauhi kaum muslimin
c.
Disayang setan
d.
Ditambah nikmatnya
4.
Ambisi berlebihan yang membabi buta merupakan awal dari…
a.
Lahirnya takabur
b.
Munculnya hasad
c.
Timbulnya keikhlasan
d.
Lahirnya dendam
5.
Sifat dengki dan iri hati akan menjadikan seseorang selalu….
a.
Negative thingking
b.
Kesempurnaan islam
c.
Positif thinking
d.
Saling tolong menolong
6.
Sikap dendam merupakan perilaku tercela yang timbul akibat adanya…
a.
Sikap tidak terpuji
b.
Tindak kecurangan
c.
Tindak kejahatan
d.
Tindakan yang tidak terarah
7.
Orang yang melakukan ghibah diibaratkan seperti
a.
Menyembelih babi yang sudah mati
b.
Membuang bangkai binatang ternak
c.
Memakan daging saudaranya yang sudah mati
d.
Membawa daging hewan buruan sisa binatang buas
8.
Seseorang yang dihinggapi dendam membara akan melakukan hal-hal
berikut kecuali..
a.
Mencemarkan nama baik
b.
Membalas dengan lebih kejam
c.
Memaafkan orang yang bersalah
d.
Mencelakakan orang yagn didendaminya sampai binasa
9.
Dibawah ini, pernyataan yang benar tentang kedengkian ialah…
a.
Mensyukuri nikmat yang di dapat orang lain
b.
Tidak mensyukuri nikmat yang ada pada diri sendiri
c.
Melupakan kebaikan yang diberikan kepada orang lain
d.
Membenci nikmat yang ada pada orang lain dan menginginkan lenyapnya
nikmat itu darinya.
10. Hadits
Rasulullah saw menyatakan bahwa tindakan dengki akan merusak pahala kebaikan
sebagaimana…
a.
Daun yang tersiram air dingin
b.
Api yang menghanguskan kayu bakar
c.
Panas setahun dihapuskan hujan sehari
d.
Api yang tersiram air
B.
Soal Essay
1.
Apa dampak yang mungkin terjadi bila banyak orang bermegah-megahan
dalam hal harta?
2.
Apa pengertian hasad, secara bahasa dan istilah?
3.
Apa salah satu ciri-ciri orang yang islamnya sempurna?
4.
Apa hukum berlaku hasad?
5.
Tulislah dalil yang menerangkan tentang larangan dengki!
Penilaian
A.
Test Obyektif
Jumlah soal : 10 nomor
Jumlah nilai
setiap soal : 10
Nilai : jumlah yang
benar x 100 : Jumlah soal
B.
Test Essay
Jumlah so’al : 5 nomor
Jumlah nilai
setiap soal : 20
Nilai : jumlah
jawaban yang benar x 100 : jumlah so’al
__ berbagi itu indah __ by Eka enha "right follower" good light
Tidak ada komentar:
Posting Komentar